23 Februari 2012

Tips Menikmati Mie Instan

Mie Instan
Tidak ada salahnya bila kita mengetahui kelemahan mie instan. Ini bukan bermaksud menakut-nakuti, tetapi agar kita lebih propektif terhadap diri kita. Dalam mie instan, kandungan natriumnya sangat tinggi, itulah yang patut kita waspadai. Natrium yang ada didalam mie instan berasal dari garam (NaCl/garam dapur) dan bahan pengembang mie (natrium tripospat bahan pengemabang yang paling sering digunakan). 1,05 % dari bobot/takaran saji mie instan adalah pengembangnya. Sebenarnya garam merupakan bahan pengawet alami, selain gula. Natrium memiliki efek kurang baik bagi penderita maag dan hipertensi.

Bagi penderita maag, kandungan natrium tinggi menetralkan asam, sehingga lambung akan mesnsekresi asam yang lebih banyak untuk mencerna makanan. Keadaan asam lambung tinggi akan berakibat pada pengikisan dinding lambung yang menyebabkan rasa perih. Bagi penderita hipertensi, natrium dapat meningkatkan tekanan darah karena ketidak seimbangan antara natrium dan kalium (NaK) di dalam darah. Itulah, mengapa darah bisa menggumpal akibat garam yang dikonsumsi berlebihan. Solusi paling sederhana, tinggal menambahkan kuah/bahan-bahan lain ke dalam menu mie instan, tetapi tidak menamabahkan garam supaya tidak terlalu asin. Mie instan juga tidak dapat dikonsumsi oleh penderita autis. Hal ini disebabkan mie instan mengandung gluten, substansi yang tidak seharusnya dikonsumsi oleh penderita autis. Hal lain yang terkadang kurang disadari adalah kandungan minyak dalam mie instan yang dapat mencapai 30% bobot kering, akibat pengeringan deep frying. Ini tentu kerang bagus bagi penderita obesitas atau orang yang sedang dalam penurunan berat badan. Oleh sebab itulah, dalam penyajian mie instan sebaiknya mie diseduh/direbus terlebih dahulu, lalu ditiriskan sebelum diolah sesuai selera. Dengan perebusan, dapat mengurangi minyak pada mie instan.

1 komentar:

  1. Betul gan kudu waspada. kalau anda maniak mie lebih bagus buat sendiri MIE HIJaU GaMPaNG KOK BUTNY.

    BalasHapus

Back Links

freebanner4uSERIBU KAWANbertaubatlahiklanseribuartissexy17freebacklinks4usatriopiningitkatamutiara4usehatwalafiahiniinfo4uiklansahabat2billiontraffic4uiklanwargaseribusayangbloggratiss4usurgalokaSERBA SERBISENI LUKISTEMPLATE GRATISWARGA BISNISAGUS FAUZY4905GOBLOGANEKA VIDEOFECEBLOG 4UIsangrajamayasurgawebbabulfatahbacklinkgratis4uBUSANA MUSLIMseribukatamutiaramajelisrasulullahSERIBU KAWAN